Skip to content

★ ROOT ANDROID ★

15 Desember 2012

• Pengertian Root Android
Rooting adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna dari Gadgets Android untuk menjalankan sistem operasi Android dengan kontrol penuh yang dimana kontrol penuh tersebut lebih dari sekedar hak akses biasa terhadap Android atau yang biasa kita sebut sebagai User. Akses hak penuh itu boleh dibilang setara dengan hak Administrator yang biasa kita temukan dalam PC kita. Apakah ada kalian yang disini yang pernah melakukan hack pada ponsel symbian kalian? Kalau pernah mungkin kalian sudah kira-kira mengerti Pengertian Root Android ini, karena lebih kurang konsep dan tujuannya hampir sama. Mungkin ini sedikit melenceng dari topik posting ini, tapi hanya sekedar memberi tau saja kalau aplikasi yang digunakan untuk melakukan hack pada symbian adalah HelloOX2 . Mengenai caranya, silahkan googling sendiri, hehe.

• Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android

+++Kelebihan :
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada requirement rooted Android untuk menginstall aplikasi-aplikasi tertentu, dan dimana terkadang aplikasi-aplikasi tersebut sangat berguna bagi kinerja Gadgets Android kita, dan wajib dimiliki oleh pengguna-pengguna yang menginginkan yang lebih baik untuk Android mereka. Untuk contohnya kita ambil saja beberapa contoh aplikasi Android yang terkenal.

* App2SD , untuk memindahkan tempat penyimpanan aplikasi terinstall pada Android kita dari memori internal ke memori eksternal SD Card, yang biasanya meningkatkan kecepatan proses boot karena memori internal tidak lagi terlalu terbebani dengan berbagai macam aplikasi yang terinstall didalamnya.

* Titanium Backup , untuk mem-backup data-data beserta aplikasi-aplikasi yang terinstall pada Android kita, untuk mencegah hilangnya data apapun sewaktu-sewaktu terjadi error pada Gadgets Android kita.

* SetCPU , untuk mengubah pengaturan CPU Android kita. Bisa dipercepat untuk keperluan tertentu seperti aktivitas gaming pada game dengan grafis yang tinggi (baterai habis lebih cepat), ataupun bisa diperlambat kinerja CPUnya ketika aktivitas-aktivitas ringan seperti SMS, Call, ataupun browsing ringan (baterai tahan lebih lama).
* dll .

—Kekurangan :
Sekarang mengenai kerugian-kerugiannya, yang antara lain sebagai berikut.

* Menghilangkan garansi , ini kenyataan, nyatanya ketika pengguna Android mengklaim kembali garansi yang ada pada Android mereka ke Service Center maka akan ditolak kalau Android tersebut telah diroot, dan bisa membalik kan fakta kalau proses rooting tersebut yang merusak Android anda. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan Unroot pada Android anda.

* Mudah terjangkit Malware , ini masih dalam perdebatan. Intinya mau Gadgets kita rooted atau tidak apabila banyak Malware maupun virus yang tersebar maka otomatis Android manapun dapat terjangkit Malware. Ini dapat dicegah dengan memasang Antivirus pada Android anda,

Gimana? Setelah membacanya tentu kalian semua memiliki pendapat masing-masing yang berbeda bukan? Semuanya kembali ke kalian sendiri, apabila kalian seorang pengutak-atik sejati maka Android kalian harus diroot biar sesuai dengan selera kalian. Sebaliknya, kalian bisa tetap setia pada tingkat akses User dengan hak akses yang sangat minimal dan terbatas. Saya tambahkan, hak akses pengguna Android setelah diroot disebut SuperUser (SU).
Image posted by MobyPicture.com
– Posted using MobyPicture.com

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: